Sejarah singkat "LIGHTWAVE 3D"
Sejarah terbentuknya LightWave dimulai pada tahun
1988 ketika dua sahabat, yaitu Allen Hastings dan Stuart Ferguson mampu membuat
software aplikasi komputer. Hastings membuat program rendering dan animasi yang
dinamakan Videoscape. Sedangkan Ferguson, membuat program 3D modelling yang
dinamakan Modeler. Perkembangan selanjutnya, kedua program tersebut dibeli
NewTex dan diberi nama Video Toaster. Kemudian oleh Hastings diubah menjadi
LightWave 3D. Setelah mengalami beberapa kali development, sekarang LightWave
sudah mampu menjadi standalone application dan sudah bisa dijalankan pada Mac
OS X.
Pengertian LIGHTWAVE 3D
LightWave (atau, lebih sesuai, LightWave 3D) adalah
sebuah program grafik komputer untuk pemodelan 3D, rendering, dan animasi.
Meskipun program ini berasal dari Commodore Amiga, dia telah diport untuk
mendukung Mac OS X, Windows, dan mesin rendernya telah diport ke platform
Linux. Lightwave telah sejak lama dikenal karena kemampuan renderingnya yang
bagus dan antarmuka pengguna yang tidak biasa (misalnya, icon tidak digunakan;
dan fungsi diberikan judul deskriptif). Seperti banyak paket 3D lainnya
Lightwave juga terdiri dari dua bagian, lingkungan pemodelan objek di mana
model 3d atau "meshes" diciptakan dan lingkungan animasi di mana
model diatur dan dianimasikan untuk render. Tidak seperti kebanyakan paket
lainnya dua bagian ini adalah sebuah program yang terpisah. Ada juga aplkasi
render yang terpisah yang dapat dijalankan di banyak mesin.
LightWave merupakan aplikasi multi-threaded dan
dapat menggunakan sebanyak 8 prosesor dalam mesin yang sama pada waktu yang
sama ketika merender gambar.
Programer dapat mengembangkan kemampuan LightWave
dengan menggunakan SDK yang telah termasuk dan juga menggunakan bahasa
"scripting" khusus disebut LScript. SDK ini berdasarkan bahasa C dan
hampir semuanya dapat diciptakan, dari sebuah shader sendiri sampai ke
pengekspor format pandangan yang berbeda. LightWave juga termasuk selusin
plugin gratis dan banyak lagi lainnya yang dapat diperoleh dari beberapa
pengembang yang berbeda di seluruh dunia.
Kegunaan LIGHTWAVE 3D
Berikut ini adalah beberapa kegunaannya:
- Print Ad
- Web Content dengan Flash
- Serial TV
- Film Layar
- Visualisasi Reka bentuk produk
- Game 3D Komputer
Fitur pada LIGHTWAVE 3D
1. Fur dan Hair dengan Sasquatch lite
2. Soft Body simulation
3. Hard Body simulation
4. Non Linear Animation
5. Built in Radiosity dan caustics
6. Unlimited render node dengan kualitas renderer
salah satu terbaik di dunia,
7. Dynamics, Lightwave dilengkapi dengan semua
dinamika yang diperlukan seperti hard tubuh, tubuh lunak dan kain . Dinamika
tubuh keras melengkapi pengguna untuk mensimulasikan efek seperti batu longsor
, bangunan penghancuran dan efek pasir , menggunakan gaya realistis seperti
gravitasi dan tabrakan .
8. Hypervoxels adalah sarana untuk membuat efek
animasi partikel yang berbeda . Mode operasi memiliki kemampuan untuk
menghasilkan penampilan yang meniru :
- Blobby metaballs untuk hal-hal seperti air atau
merkuri , termasuk pengaturan refleksi atau permukaan refraksi
- Sprite yang mampu mereproduksi efek seperti
kebakaran atau berkelompok burung
- Volume shading untuk simulasi awan atau efek jenis
kabut
9. Material shaders
Lightwave dilengkapi dengan editor tekstur nodal
yang datang dengan koleksi tujuan khusus shader material. Beberapa jenis
permukaan yang shader ini telah dioptimalkan meliputi:
- tujuan umum bahan hamburan bawah permukaan untuk
bahan seperti lilin atau plastik
- kulit realistis , termasuk hamburan bawah
permukaan dan beberapa lapisan kulit
- logam , reflektif , bahan menggunakan algoritma
konservasi energi
- transparan , bahan bias termasuk jumlah algoritma
refleksi internal akurat
10. Nodes
Dengan LW 9 , Newtek menambahkan Node editor untuk
Permukaan Editor dan bagian Mesh Pemindahan Lightwave . Mereka juga merilis SDK
namun Node dengan perangkat lunak , sehingga setiap pengembang dapat
menambahkan Editor Node mereka sendiri melalui plug-in , dan beberapa telah
melakukannya , terutama Denis Pontonnier , yang menciptakan bebas untuk
download editor node dan banyak node utilitas lainnya untuk semua kelas SDK di
Lightwave . Ini sekarang berarti pengguna dapat menggunakan node untuk
memodifikasi gambar dan membuat , tekstur prosedural , memodifikasi bentuk
hypervoxels , mengendalikan gerakan benda , mengemudi saluran animasi , dan
menggunakan hal-hal seperti partikel dan jerat lain untuk mendorong
fungsi-fungsi ini . Hal ini telah sangat meningkatkan kemampuan Lightwave
mandiri . Daerah simpul Lightwave terus berkembang , dengan lampu volumetrik
sekarang dikontrol dengan node .
11. LScript
LScript adalah salah satu bahasa scripting Lightwave
. Ini menyediakan satu set fungsi prebuilt yang dapat digunakan ketika
scripting bagaimana Lightwave berperilaku .
12. Python
Dengan LW 11 , Newtek menambahkan dukungan Python
sebagai pilihan untuk scripting kustom .
13. Bullet Physics
Dari LW 11 , Newtek telah menambahkan Dinamika
Bullet dukungan untuk tubuh keras dan tubuh lunak . Aspek seperti kendala belum
diimplementasikan .
14. Lightwave SDK
SDK ( Software Development Kit ) menyediakan satu
set kelas C untuk menulis plugin asli untuk Lightwave
.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar